Air Waduk Sei Pulai Alami Penyusutan Hingga 20 CM

By: On: | Viewer: 039 x

Tanjungpinang, KepriDays.com – Kepala Seksi Produksi Waduk Sei Pulai, Abdul Razak mengatakan, saat ini air di waduk Sei Pulai yang berada di pinggir telah mengalami penyusutan hingga mencapai 20 centimeter (CM).

“Namun, ketinggian tersebut belum mencapai ambang batas penyedotan. Karena masih di atas nol,” ujarnya, Rabu (12/3).

Untuk itulah, disampaikannya saat ini PDAM telah menarik pipa penyedot ke daerah waduk yang memiliki kedalaman mencapai tujuh meter.

“Ada empat pipa penyedot dengan kapasitas 50 liter perdetik, yang akan diletakkan di area lebih dalam,” kata dia.

Selain itu, Razak mengatakan, pemindahan tersebut dilakukan sebagai tindakan safety, yakni, cadangan apabila sewaktu waktu pipa penyedot yang terdapat di daerah dangkal waduk Sei Pulai tidak dioperasikan lagi.

“Jadi memang di standby kan dulu pipa penyedot ini. Kalau intake (red, Pipa Penyedot) yang ada di daerah yang dangkal sudah tidak digunakan untuk menyedot lagi, baru pipa yang berada di daerah yang dalam kami operasikan ,” ujarnya.

Persiapan ini dilakukan agar pelayanan distribusi air terhadap masyarakat tetap akan berjalan. Disampaikan juga olehnya, untuk saat ini penyedotan masih dilakukan di daerah dangkal.

Razak memperkirakan waduk yang memiliki luas 60 Hektare tersebut akan mampu melayani kebutuhan air untuk 15 ribu pelanggan dan masyarakat selama tiga bulan kedepan.

“Itu dengan perhitungan kasar apabila setiap bulannya waduk mengalami penyusutan sebanyak satu meter. Tapi kami tetap berharap semoga hujan secepatnya turun,” imbuhnya. (ICO)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below